Sabtu, 30 Juni 2012

Membangun Jaringan Komputer



LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri. Kesimpulan dari definis di atas adalah bahwa
LAN adalah jaringan dari sejumlah komputer yang dapat saling berhubungna namun dibatasi oleh lokasi jarak terterntu. Kalau masalah fungsi sudah pasti, jarigan LAN berfungsi agar komputer dapat terhubung antara satu komputer dengan komputer yang lain sehingga bisa bertukar data dan berbagi pakai perangkat keras yang lain.
Untuk membuat sebuah jaringan LAN ada material yang kita butuhkan. Berikut Peralatan atau material yang dibutuhkan untuk membuat sebuah jaringan komputer LAN: 1. Dua atau lebih PC 2. Network Card sesuai dg jumlah PC 3. Kabel coaxial atau UTP 4. Hub bila diperlukan 5. Terminator 6. T-Connector

Membangun Jaringan Komputer Sederhana Dengan 2 Buah Komputer: 

Tidak banyak alat dan bahan yang kita butuhkan untuk membangun jaringan  komputer sederhana dengan 2 buah komputer. Kita hanya membutuhkan 2 buah komputer yang  sudah memiliki kartu jaringan dan kabel  UTP  dengan model cross yang kedua ujungnya sudah memiliki konektor RJ45,  kabel ini juga banyak di jual di toko – toko komputer,   konektor RJ45  nya juga bisa langsungdipasangkan di tokonya.
Setelah semua perlengkapan ada, mari kita mulai membangun jaringan komputer sederhana, namun sebelumnya kita anggap 2 buah komputer yang sudah ada tadi adalah komputer A dan B. Berikut ini langkah 
  • Hubungkan komputer A dan B dengan kabel UTP yang sudah kita miliki. Lihat indikator pada komputer, biasanya ada lampu yang menyala.
  • Pada komputer A, klik [Start], klik [Control Panel], pilih [Network Connections].
  • Klik kanan pada [Local Area Network], lalu pilih [Properties].
  • Pilih [Internet Protocol (TCP/IP)], lalu klik [Properties].



  • Pilih radio button [Use the following IP address:].
  • Pada [IP address], masukkan 192.168.0.1, pada [Subnet mask], masukkan 255.255.255.0, dan untuk [Default Gateway] kosongkan saja.




  • Setelah selesai klik [OK]. Settingan pada komputer A sudah selesai.
  • Yang kita lakukan selanjutnya adalah mensetting pada komputer B. Semua prosesnya sama dengan settingan pada komputer A, yang berbeda hanya pada IP addressnya. IP address pada komputer B adalah 192.168.0.2 atau 192.168.0.3 atau 192.168.0.4, dan seterusnya. Kita ambil contoh 192.168.0.2.
  • Setelah semua selesai, yang kita lakukan adalah melakukan ping dari komputer A ke komputer B atau dari komputer B ke komputer A. Jika Anda belum tahu cara melakukan ping. Jaringan komputer paling sederhana sudah selesai dibuat.

Sumber :
http://itartikel.blogspot.com/2012/06/membangun-jaringan-komputer.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar